Kemerdekaan ini untuk siapa?

Hari ini, banyak sekali orang yang mengucapkan Merdeka, memasang bendera Merah Putih di pagar tiang rumahnya, mengikuti upacara, membanggakan hari kemerdekaan ini. 68 tahun yang lalu pahlawan negri ini telah berjuang merelakan seluruh nafas, seluruh kekuatan, berkorban demi memperjuangkan hari yang cerah di masa depan.. memperjuangkan bangsa ini terbebas dari kekuatan penjajah..

sudah berlalu masa dimana banyak tumpah darah yang mengalir, sudah 68 Indonesia terbebas dari kekuatan penjajah, terbebas dari kepemimpinan penjajah. Namun, sejauh ini apakah bangsa ini sudah merdeka? sudah 7 tahun terakhir ini kasus korupsi terbongkar, kenaikaan BBM yang membuat rakyat Indonesia berfikir keras agar tetap bertahan hidup. ya.. inilah bangsa ku Indonesia, hukum masih bisa di beli dengan uang, kepercayaan kepada pemimpin bangsa berkurang, kesenjangan sosial.. patutkah kita menyebut merdeka? sebenarnya untuk siapa kemerdekaan ini?

potret-kemiskinan-papua

 

(kemiskinan di Papua)

takkan bisa merubah jika tetap menunggu, mulut dan hati yang merdeka takkan bisa memberi jika hanya terus berdiam. Berdiam agar orang lain yang akan berbuat sesuatu untuk bangsa ini, berdiam agar mereka para pemimpin yang menegakkan hukum, berdiam menuggu dan menunggu agar semua terubah. Sampaikah umur ini merasakan perubahan itu? tidak ada waktu lagi, sekaranglah waktu yang tepat, waktu yang masih panjang, waktu yang bersinergi untuk melakukan, berbuat, melangkah untuk tujuan yang sama. Ujian tanpa mencontek, membuang sampah pada tempatnya, mematuhi peraturan lalulintas, berbagi dengan sesama tanpa membeda-bedakan, itulah langkah kecil untuk bangsa ini.

Memang tak semudah membalikan telapak tangan, namun jika dilakukan dari sekarang dan menjadi kebiasaan yang baik tentunya dengan Seizin Allah, 10 atau 20 tahun yang akan mendatang langkah kecil itu menjadi perubahan yang besar, percayalah akan kekuatan fikiran yang positif dengan berdoa untuk mendapatkan keridhoan-NYA. Berpendidikan yang ber-etika, kejujuran di masa depan, dan semangat nasionlisme yakinlah bahwa semua itu akan membuat bangsa ini lebih gagah hukumnya, anggun etika politiknya, harmonis kehidupan sosialnya.. Semoga saja, Amin Ya Robbal Alamin..

Selamat untuk Kemerdekaan pemuda-pemudi bangsa Indonesia.

17 Agustus 2013 Dirgahayu HUT RI KE 68

indonesia-ist

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s